Mengenai Teknologi Intel Turbo Boost

Apa sich InteL Turbo Boost, berikut adalah artikelnya :

Artikel 1 :

Intel Kuak Kehandalan Core i5 dan i7

Senin, 2 November 2009 – 18:09 wib

text TEXT SIZE :  
// Share

Intel
JAKARTA – Keluarga prosesor Intel Core i5, dan dua seri prosesor terbaru Intel Core i7 akan membawa mikroarsitektur Nehalem terbaru kepada mainstream desktop.Intel Core yang sebelumnya diberi kode nama ?Lynnfield? adalah chip yang dirakit berdasarkan mikro-arsitektur Nehalem dan dirancang bagi pengguna yang membutuhkan performa handal untuk digital media, gaming, dan aplikasi-aplikasi berat lainnya. Prosesor Intel Core beserta express chipset Intel P55 terbaru telah tersedia bagi para pengguna sejak hari ini.

Semua prosesor bebas dari timah dan halogen dan dilengkapi dengan teknologi turbo boost. Lini teratas dari prosesor Core i7 ini juga ditunjang oleh teknologi Intel Hyper-Threading. Gabungan dari keduanya memberikan kecerdasan yang absolut pada komputer pada saat yang dibutuhkan dan efisiensi yang optimal pada saat baterai komputer tidak terlalu penuh.

Chipset terbaru membawa perubahan desain yang revolusioner sejak penemuan PCI bus pada awal tahun 1990-an dan menjadi acuan bagi format komputer tahun 2010. Intel P55 Express Chipset akan menjadi dasar komponen motherboard di seluruh dunia.

Prosesor terbaru Core i7 dan i5 adalah prosesor Intel pertama yang mengintegrasikan 16-lane PCI Express 2 graphics port dan dua channel memory controller yang memungkinkan semua input dan output diatur oleh sebuah chip yaitu Intel P55 Express Chipset. Sebelumnya Intel Chipset membutuhkan dua buah chip yang terpisah. Sebuah Direct Media Interface (DMI) terbaru menghubungkan prosesor dengan chipset. Chipset mendukung 8 PCI Express 2.0 x1 Ports (2.5GT/s) agar perangkat menjadi fleksibel. Selain itu chipset juga mendukung 6 SATA 3 Gb/s Ports dengan Intel Matrix Storage Technology yang menyediakan RAID levels 0/1/5/10. USB 2.0 hingga 14 Ports dapat ditambahkan pada Chipset yang terintegrasi dengan USB 2.0 Rate Matching Hub beserta Intel High Definition Audio untuk mendapatkan kualitas suara digital yang premium. Prosesor terbaru ini adalah yang pertama menggunakan paket Land Grid Array (LGA) 1156 dan socket technology.

Prosesor mobile Intel Core i7 terbaru, dengan tambahan PM55 Express Chipset, menyuguhkan pengalaman terbaik bagi laptop untuk permainan yang intens, digital media, foto, musik, aplikasi bisnis dan software multi-threaded lainnya yang menuntut kecepatan tinggi dalam prosesnya. Chip juga meningkatkan keseluruhan performa ketika menggunakan aplikasi ini secara bersamaan.

“Dengan fitur handal seperti Intel Turbo Boost Technology, Intel Hyper-Threading Technology serta fitur lainnya, Intel telah merevolusi prosesor laptop pc, memberikan performa ketika Anda membutuhkannya dan efisiensi energi ketika Anda tidak menggunakannya,” kata Budi Wahyu Jati, Country Manager, Intel Indonesia Corporation.

Intel Core i7 mobile yang sebelumnya diberi kode nama ?Clarksfield? menggunakan Intel Turbo Boost Technology yang dapat meningkatkan clock speed prosesor hingga 75 persen untuk mengimbangi muatan kerja dan memberikan performa terbaik dengan aplikasi ber-thread tinggi yang menggunakan multi-threaded power dari Intel Hyper-Threading Technology. Prosesor mobile terbaru Intel Core i7 juga dilengkapi dengan dukungan memori dua channel DDR3 1333 MHz dan full 1 x16 or 2 x8 PCI Express 2.0 graphics.

Laptop dengan prosesor mobile Intel Core i7 edisi ekstrim mendukung Intel Extreme Memory Profiles (Intel XMP) dan Intel Extreme Tuning Utility, piranti terdepan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan overlock dan membuat suara di laptop Anda menjadi jernih untuk performa yang luar biasa dan optimalisasi baterai. Sebagai tambahan,  Intel PM55 Express Chipset stasiun kerja yang canggih dan laptop khusus game yang dapat mendukung fitur seperti Intel Matrix Storage Technology, Intel High-Definition Audio, dan  meningkatkan  I/O interface. (srn)

diambil dari http://techno.okezone.com/read/2009/11/02/324/271521/324/intel-kuak-kehandalan-core-i5-dan-i7

Artikel 2 :

Intel Juga Muncul di CES 2010

by Deliusno | January 8th, 2010 | Categories: Processor

INTEL

Intel juga turut hadir di acara CES. Tidak jauh berbeda dari vendor raksasa lainnya, mereka juga memamerkan beberapa produk terbaru. Intel memamerkan beberapa chipset yang telah dilengkapi dengan teknologi Turbo Boost untuk laptop, dekstop, dan embedded service. Penasaran produk apa saja yang hadir?

Prosesor terbaru Intel Core 2010 diproduksi menggunakan proses 32nm. Prosesor tersebut menggunakan transistor high-k metal gate generasi kedua Intel. Teknik tersebut dianggap mampu untuk menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi.

Intel memperkenalkan beberapa produk platform, lebih dari 25 prosesor, adaptor nirkabel dan chipset. Produk-produk tersebut termasuk prosesor Intel Core i7, i5 dan i3, Chipset Intel® Seri 5, dan Intel® Centrino® Wi-Fi dan Adaptor WiMAX.

Prosesor Intel Core i7 dan Core i5 telah dilengkapi dengani Intel Turbo Boost Technology dan Intel® Hyper-Threading Technology yang diklaim dapat memberikan daya komputasi yang lebih efisien. Teknologi Turbo Boost Intel dapat meningkatkan kinerja secara otomatis saat dibutuhkan, sesuai dengan beban aktifitas pengguna komputer. Intel Hyper-Threading Technology memungkinkan para pengguna komputer untuk ber-multitask dengan cara menjalankan beberapa “threads” pada setiap inti. Intel juga meluncurkan Chipset Seri 5 yang merupakan solusi chip tunggal pertama.

Intel Centrino terbaru saat ini telah mencakup produk-produk nirkabel Intel. Tiga adaptor Intel® Centrino® Nirkabel terbaru memiliki kapabilitas multi-stream 802.11 dan dapat digunakan untuk WiFi dual band, dan memiliki kecepatan 8 kali lebih cepat. Intel menawarkan jajaran adaptor WiMAX/WiFi terintegrasi yang dapat digunakan untuk pita WiMAX 2.3, 2.5 dan 3.5GHz dengan kecepatan mencapai 20Mbps secara mobile.

Selain itu, desktop tingkat dasar juga tersedia melalui Intel Core i5 dilengkapi oleh grafis Intel HD atau prosesor Intel® Xeon® Seri 3400 dan Chipset Intel® 3450.

diambil dari http://chip.co.id/articles/news/2010/01/08/intel-juga-muncul-di-ces-2010/#more-6215


Artikel 3 :

Intel® Core™ i7 Processor and X58 Chipset support

EX58-EXTREME dirancang khusus untuk mengambil keuntungan dari prosesor Intel Core i7 dan chipset X58 Express, Arsitektur mampu memberikan kinerja yang menerobos dari prosesor generasi sebelumny. Menggantikan Front Side Bus adalah Quick Path Interconnect, atau QPI, 25.6 GB/s transfer rate (bandwidth ganda dari FSB 1600MHz) menghilangkan hambatan komunikasi antara prosesor dan chipset.
Prosesor Intel Core i7 juga fitur yang terintegrasi memori controller di dalam prosesor mati dan dukung 192 bit 3 – saluran memori DDR3 yang memberikan 50% peningkatan memori bandwidth yang lebih rendah dan memori untuk akses yang sangat cepat. Selain itu, fitur EX58-DS4 teknologi Turbo Boot, yang mampu menurunkan daya prosesor core secara dinamis dan rute daya ke core yang aktif untuk mendorong kinerja yang signifikan, dan pada saat yang sama, menjaga efisiensi energi lebih besar.

diambil dari http://www.gigabyte.co.id/Products/Motherboard/Products_Overview.aspx?ProductID=2975

Sudah banyak artikel yang dimuat mengenai Intel turbo boost, dimana produk ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan performa yang lebih baik….

Walaupun masih terbilang cukup mahal..

tapi untuk produk yang seperti ini yang memberikan keuntungan, mengapa tidak mencoba??

Rgds’

Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: