TEKNOLOGI BROADBAND

Pada zaman sekarang ini, mungkin teknologi broadband sudah seringkali terdengar..Karena pada era sekarang ini penggunaan internet sudah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia, alias sudah banyak yang ketagihan internet.

Untuk menunjang performa dari internet tersebut maka adanya teknologi baru yang menunjang agar performa internetsemakin baik dan semakin cepat yaitu dengan Broadband Technologies..

Apa sich broadband technologies tersebut?

Teknologi broadband adalah suatu teknologi jariungan komputer yang menggunakan bandwidth tertentu yang cukup lebar sehingga akan menghasilkan kecepatan yang tinggi.

Teknologi broadband dibedakan berdasarkan transmisi :
1. DSL (Digital Subscriber Line)

yaitu satu set penghantar teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat.

Contoh dari DSL yaitu Speedy yang dikeluarkan oleh PT. Telkom

2. Cable Modem dan Cable TV

yaitu perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. (diambil dari wikipedia.com)

Contoh kabel modem

3. Fiber to the home/Fiber to the curb (FTTH/FTTC)

yaitu suatu teknologi fiber yang digunakan untuk menyediakan bandwidth yang lebih besar tidak dipengaruhi interferensi gelombang elektromagnetik, bebas korosi dan menyediakan rugi-rugi minimal untuk transportasi data.

diambil dari http://www.elektroindonesia.com/elektro/tel30a.html

Dibawah ini adalah solusi FTTH :

Contoh dari FTTH/FTTC adalah ISDN yang dikembangkan oleh PT Telkom

3. Broadband over Powerlines

Teknologi ini merupakan teknologi transmisi data melalui kabel listrik. Sebetulnya bentuk teknologi ini sudah lama digunakan untuk keperluan sederhana. Contohnya: seperti pengontrol lampu jalan.

Wireless Technologies:

Wireless artinya tanpa kabel, jadi teknologi wireless adalah teknologi yang tidak menggunakan kabel atau biasa yang disebut nirkabel. Sebagai contoh saat anda mengganti channel tv menggunakan remote control, bukankah alat ini tidak menggunakan kabel yang dihubungkan secara langsung ke pesawat televisi, tetapi anda tetap bisa menganti-ganti stasiun televisi hanya dengan menekan nomor pada remote control tersebut. Teknologi wireless menggunakan udara sebagai meddia transmisi atau perantara untuk melakukan pertukaran data. Meskipun demikian tetap ada batasan jarak tertentu seberapa jauh peralatan yang menggunakan teknologi wireless dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

a.Line of Sight

-Microwave Links

-Local Multipoint Distribution Services

-Satellite

b. Non Line of Sight

– Multichannel Multipoint Distribution Service

-Global System for Mobile Communication

– CDMA (Code Division Multiple Access)

– Wifi (Wireless Fidelity)

=> sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.(diambil dari wikipedia.com)

-3G (Third Generation Mobile Network)

=> Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel [[(wireless)]]. 3G juga berguna untuk menelepon, tetapi dengan 3G, penelepon dan penerima bisa saling bertatap muka.

-Wimax ( Worldwide Interoperability for Microwave Access)

=> merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.(diambil dari wikipedia.com)
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: