E-channel by Consumer Channel Divison

Pada seminar kali ini, saya mendapat sedikit ilmu tentang perbankan, dan  saya juga  mendapatkan  ilmu pengetahuan tentang suatu sistem informasi.

Di bidang perbankan, tiga faktor/unsur yang dapat membuat suatu bank menjadi besar yaitu :

a. Sumber daya manusia

b. Jaringan Komputer

c. Sistem Informasi

Untuk membuat suatu bank menjadi maju dan besar maka 2 dari 3 faktor di atas adalah berkaitan dengan Sistem Informasi.

Orang selalu saja ingin membuat segalanya menjadi sesuatu yang mudah dan fleksibel. Dalam hal perbankan untuk membuat segala sesuatu menjadi mudah dan praktis, maka orang mulai menciptakan ide agar nasabah menjadi lebih comfort dimanapun mereka berada dan kapanpun mereka berada, mereka dapat melakukan transaksi dengan uangnya. Maka dibuatlah suatu solusi bertransaksi yaitu delivery channel

Delivery Channel adalah fasilitas pelayanan yang diberikan kepada nasabah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Macam-macam delivery channel yaitu

1. SMS banking

2. ATM

3. Call Center

4. Internet Banking

5. Autodebet

6. Debit

Gambar diatas merupakan contoh produk dari e-banking.

 

Why e-banking???

Dulu sebelum adanya e-banking, nasabah memiliki kendala-kendala bertransaksi di bank seperti antrian di bank yang panjang dan lama, kesulitan menarik dana di malam hari, dan lokasi bank yang cukup jauh.

Contoh : Jika kita ingin mentransfer sejumlah uang kepada orang lain, dan itu harus dilakukan saat itu juga, sedangkan kita sedang berada di tempat yang jauh dari lokasi ATM, apa yang dapat kita lakukan?? Jawabannya adalah tidak ada. Masalah seperti itu akan membuat kita menjadi sulit akan transaksi, dapat dibayangkan jika transaksi itu adalah sesuatu yang sudah lama ditunggu dan hilang begitu saja karena kita tidak bisa mentransfer sejumlah uang hanya karena  jauh dari lokasi ATM. Tentu saja, kita tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Oleh karena itu diadakannya e-banking.

E-banking digunakan agar kita dapat melakukan transaksi dimanapun, kapanpun kita berada.

Sekarang kita dapat melihat kemajuan dari teknologi kita yang dapat membuat suatu hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, contohnya seperti e-banking. E-banking sudah cukup banyak ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia. Sebut saja bank BCA dengan Flazz nya, bank Mandiri dengan e-toll nya, dan lain sebagainya.

Lalu pada intinya, sudah maju sekali perkembangan dunia IT, sampai perbankan pun harus mengikuti kemajuan IT, agar dapat bersaing dengan bank lain, dan tentunya memberikan kenyamanan dan kepuasan customer mereka.

Jadi, apakah kita masih tetap “jalan di tempat” dan masih ingin mengantri berlama-lama di bank, masih ingin mengalami susahnya bertransaksi karena jauhnya lokasi bank,dll,dll,dll…, sedangkan dunia sudah berkembang dengan pesatnya khususnya di bidang IT dalam dunia perbankan?

 

Regards,

Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: