Keamanan Jaringan Komputer

Dalam seminar kali ini adalah mengenai keamanan suatu jaringan komputer. Mengapa perlu diamankan dan bagaimana cara pengamanannya? pada kesempatan kali ini saya akan menuangkannya pada post ini, silahkan dibaca, semoga bermanfaat

♥ Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing

(diambil dari wikipedia.com)

♥  Macam-macam jaringan komputer

Klasifikasi Berdasarkan skala :

  • Personal Area Network (PAN)
  • Campus Area Network (CAN)
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
  • Global Area Network (GAN)

(diambil dari wikipedia.com)

Contoh gambar jaringan komputer

♥ Manfaat dari jaringan komputer :

  • Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya yang secara bersama-sama. Misalnya seorang pengguna yang berada di 100 Km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut dan seolah olah data tersebut berada di dekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  • Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
  • Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.

diambil dari  http://m4skoko.wordpress.com/jaringan/manfaat-jaringan-komputer/

Disamping manfaatnya yang begitu banyak dan menguntungkan, tapi tersimpan juga ancaman dari jaringan komputer, sehingga kita harus waspada dalam menggunakan jaringan komputer.

Macam-macam ancaman jaringan komputer yaitu :

1. Ancaman secara fisik

Ancaman secara fisik yaitu meliputi segala hal yang berhubungan dengan perangkat keras komputer dan jaringan baik yang disengaja maupun tidak seperti pencurian atau gempa

2. Ancaman secara logik

Ancaman secara logik yaitu :

  • Sniffer atau Sniffer Paket (arti tekstual: pengendus paket — dapat pula diartikan ‘penyadap paket’) yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan terkadang menguraikan isi dari RFC (Request for Comments) atau spesifikasi yang lain. Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch), salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur-aduk (promiscuous mode) untuk “mendengarkan” semuanya (umumnya pada jaringan kabel). diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Sniffer_Paket)
  • Spoofing adalah sebuah bentuk pemalsuan di mana identitas pemakai disamarkan/dipalsukan (diambil dari http://radensomad.com/cara-cepat-dan-mudah-hacking-dan-cracking.html)
  • Phreaking yaitu perilaku menjadikan sistem pengamanan telepon melemah.
  • Remote attack yaitu segala bentuk serangan terhadap suatu mesin dimana penyerangnya tidak memiliki kendali terhadap mesin tersebut karena dilakukan dari jarak jaruh di luar sistem jaringan atau media transmisi.
  • Hole yaitu kondisi dari software atau hardware yang bisa diakses oleh pemakai yang tidak memiliki otoritas atau meningkatnya tingkat pengaksesan tanpa melalui proses autorisasi.

♥ Faktor-faktor penyebab resiko dalam jarkom :

- Kelemahan manusia

- Kelemahan perangkat keras komputer

- Kelemahan sistem operasi jaringan

- Kelemahan sistem jarkom

Akan tetapi disamping adanya ancaman-ancaman yang didapat dari jaringan komputer, kita juga dapat menangkal agar jaringan komputer kita tidak disusup oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga data kita juga tidak dapat dengan aman dan tidak dicuri oleh orang lain.

Berikut cara penangkalan agar data pada jaringan komputer tidak disusup oleh pencuri yaitu :

1. Dengan menggunakan konsep VLAN

dimana pengertian VLAN adalah merupakan model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat   dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi peralatan. Penggunaan VLAN akan memmbuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel, dimana dapat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation.

2. Dengan menggunakan firewall

Firewall atau tembok-api adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Tembok-api umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan berbadan hukum di dalamnya, maka perlindungan terhadap modal digital perusahaan tersebut dari serangan para peretas, pemata-mata, ataupun pencuri data lainnya, menjadi hakikat. (diambil dari wikipedia.com)

3. Port Security

4. Radius/Authentic server

5. Enkripsi yaitu teknik pengkodean data. Dibawah ini adalah gambar mengenai enkripsi dari si pengirim ke penerima

Jaringan komputer

merupakan suatu metode yang dapat digunakan dalam suatu perusahaan dan dimana di dalam jaringan komputer tersebut berisi pula data-data yang pentung yang tidak ingin diketahui orang lain yang tidak berkepentingan, maka dibuatlah suatu teknik pencegahan agar data tidak dicuri seperti teknik-teknik diatas.

adapun

Tujuan dari

keamanan jaringan

komputer :

  • Availability/ketersediaan
  • Reliability/kehandalan
  • Confidentiallity/kerahasiaan

Demikian postingan saya kali ini. Semoga berguna. Terima kasih

Writer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: